waNita bEkeRja di dePan umum

Published 12 Desember 2007 by arney

Tentang : Wanita Bekerja dan Tampil di Depan Umum

jil.jpg

1. Menutup aurat secara sempurna hukumnya adalah wajib. Sedangkan aurat muslimah yang wajib ditutup adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Dalam kondisi sekarang dimana tidak ada lagi larangan menutup aurat /memakai jilbab di kantor-kantor atau kampus maka tidak ada darurat untuk membuka aurat.

2. Wanita bekerja hukumnya boleh dengan catatan memperhatikan dan menjaga batas-batas atau adab Islam, yaitu tidak ikhtilath (berbaur antara lelaki dan perempuan), tidak membuka aurat, tidak kholwah (berdua dengan lelaki) dan terhindar dari fitnah

3. Dalam kondisi normal, yang seharusnya tampil didepan umum yang terdiri dari kaum lelaki dan kaum wanita adalah orang laki-laki. Dalam kondisi tertentu, yakni adanya kebutuhan obyektif baik dalam sekala umum atau dalam ruang lingkup khusus dan tidak ada yang dapat melakukannya selain wanita yang bersangkutan , ia boleh tampil didepan umum untuk menyampaikan da’wah atau memberikan pelajaran dengan memperhatian ketentuan-ketentuan Islam, yaitu :


Mengenakan Pakaian yang Menutup Aurat

ﺎﻬﻳﺄﻳ ﻚﺗﺎﻨﺑﻭ ﻚﺟﺍﻭﺯﻷ ﻞﻗ ﻰﺒﻨﻟﺍ ﻦﻣ ﻦﻬﻴﻠﻋ ﻦﻴﻧﺪﻳ ﻦﻴﻨﻣﺆﻤﻟﺍ ءﺎﺴﻧﻭ ﻦﻬﻴﺑﻼﺟ ….. ﺔﻳﻵﺍ

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang-oarang beriman, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka(QS Al Ahzaab 27 ).

Tidak Tabarruj atau Memamerkan Perhiasan dan Kecantikan
ﻻﻭ ﻰﻟﻭﻷﺍ ﺔﻴﻠﻫﺎﺠﻟﺍ ﺝﺮﺒﺗ ﻦﺟﺮﺒﺗ

Artinya: Janganlah memamerkan perhiasan seperti orang jahiliyah yang pertama (QS Al Ahzaab33 )

Tidak Melunakkan , Memerdukan atau Mendesahkan Suara
ﻼﻓ ﻪﺒﻠﻗ ﻰﻗ ﻱﺬﻟﺍ ﻊﻤﻄﻴﻓ ﻝﻮﻘﻟﺎﺑ ﻦﻌﻀﺨﺗ ﺎﻓﻭﺮﻌﻣ ﻻﻮﻗ ﻦﻠﻗﻭ ﺽﺮﻣ

“Janganlah kamu tunduk dalam berbicara (melunakkan dan memerdukan suara atau sikap yang sejenis) sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik (QS Al Ahzaab32 ).

Menjaga Pandangan.

ﻞﻗ ﺍﻮﻈﻔﺤﻳﻭ ﻢﻫﺭﺎﺼﺑﺃ ﻦﻣ ﺍﻮﻀﻐﻳ ﻦﻴﻨﻣﺆﻤﻠﻟ ﺮﻴﺒﺧ ﻪﻠﻟﺍ ﻥﺍ ﻢﻬﻟ ﻰﻛﺯﺃ ﻚﻟﺫ ﻢﻬﺟﻭﺮﻓ ﻥﻮﻌﻨﺼﻳ ﺎﻤﺑ ﻞﻗﻭ ﻦﻈﻔﺤﻳﻭ ﻢﻫﺭﺎﺼﺑﺍ ﻦﻣ ﻦﻀﻀﻐﻳ ﺕﺎﻨﻣﺆﻤﻠﻟ ﻦﻬﺟﻭﺮﻓ…ﺔﻳ
ﻻﺍ

“Katakanlah pada orang-orang laki-laki beriman: Hendaklah mereka menahan pandangannya,dan memelihara kemaluannya yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat. Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya ……..”(QS An Nuur30 -31)

Aman dari Fitnah .

Hal ini sudah merupakan ijma’ ulama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: