DBD…ataukah TIFUS?????

Published 7 Januari 2008 by arney

Umum terjadi di kota-kota besar, Bandung sama seperti kota besar lainnya. dua jenis penyakit yang bisa menyerang semua golongan usia, baik anak, remaja ataupun dewasa.Maka, diharapkan selalu menjaga kondisi kesehatan, dengan memperbanyak olahraga, makan yang teratur, minum air putih, dan konsumsi vit.C.


Tifoid / Tifus adalah suatu infeksi bakterial yang mencakup seluruh tubuh, terutama pada usus halus. Penyakit ini menular melalui air dan makanan yang tercemar oleh air seni dan kotoran penderita tifoid. Ada penderita yang sudah mendapat pengobatan, tetapi di dalam air seni dan kotorannya masih mengandung bakteri. Penderita ini disebut sebagai pembawa (carrier) dan dapat menularkan penyakit pada orang lain, atau melalui lalat, kecoa, juga tikus.

Penyakit tipus mempunyai gejala antara lain:
* Demam yang meningkat, sementara penderita merasa dingin.
* Tidak ada nafsu makan
* Sakit kepala, batuk
* Sukar buang air besar
* Mengigau
* Sangat lemah dan berat badan menurun
* Perut bengkak dan sakit

Penderita tipus dapat mengalami komplikasi perdarahan pada usus halus dan usus halus berlubang, infeksi paru, infeksi empedu. Malangnya pula penyakit ini dapat kambuh sesudah 2 minggu pemberian antibiotik.

Pencegahan:
* Makanlah makanan dan minuman yang sudah dimasak
* Lindungi makanan dari lalat, kecoa dan tikus
* Cucilah tangan dengan sabun setelah ke WC
* Hindari jajan ditempat yang kurang bersih

nyamuk.jpg
DHF (Dengue Hemorrhagic Fever) atau populer dengan Demam Berdarah (DBD), adalah demam dengue yang disertai pembesaran hati dan manifestasi perdarahan. Pada keadaan yang parah bisa terjadi kegagalan sirkulasi darah dan pasien jatuh dalam syok hipovolemik akibat kebocoran plasma. Keadaan ini disebut dengue shock syndrome (DSS). Masa Tunas atau periode sejak gigitan nyamuk aedes aegypty hingga timbul gejala DBD memerlukan waktu selama 8-12 hari.

Gejala DBD ini antara lain adalah, pertama, Panas mendadak, 2-7 hari dan tidak mau turun meskipun diberi penurun panas, kedua, Penderita tampak lemah, lesu dan tak bergairah, ketiga, Sakit kepala, nyeri otot, pegal seluruh tubuh, keempat, Mual dan Muntah, kelima, Kadang timbul bintik merah pada kulit dan bila kulit diregangkan bintik merah tidak hilang, keenam, Kadang terjadi perdarahan atau mimisen melalui lubang hidung, ketujuh, Dapat terjadi muntah, kencing dan berak darah yang berwarna hitam serta berbau amis, kedelapan, Bila ujung tangan teraba dingin dan berkeringat, ini menunjukan tanda-tanda akan terjadi
shock, karena penurunan tekanan darah. Kondisi ini harus segera ditangani, karena diperkirakan 2-3 hari penderita dapat meninggal.

nah, bagi kalian yang baca nih highlight, kenali kondisi badan kamu saat ini. gosipnya nih, dua penyakit ini adalah penyakit tropik yang umum diderita mahasiswa.

take care buddy!

Sumber : berbagai sumber

Iklan

3 comments on “DBD…ataukah TIFUS?????

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: